selamat datang

Selamat datang di Andriyanto Blog

Rabu, 10 April 2013

CARA MERAWAT,MENGGUNAKAN,DAN MERAKIT KOMPUTER



CARA MERAWAT, MENGGUNAKAN, DAN MERAKIT KOMPUTER


Komputer, benda yang satu ini sudah tidak awam lagi di kalangan multimedia, tahu kah anda ? computer berasal dari bahasa latin yaitu computare (To compute/To Recleon) yang berarti menghitung ,tetapi seiring perkembangan zaman computer berubah fungsinya terutama untuk kalangan gamers yang sudah melenceng jauh dari tujuan utamanya.komputer terdiri dari beberapa bagian :
1. Hardware (Perangkat Keras), seperti : CPU,Monitor,Printer,Disket,keyboard,
dan lain-lain.
2. Software (Perangkat Lunak), seperti : Word Processor, Spread sheet,
Database, Bahasa pemograman, Design,
3. Brainware (Manusia/User) , seperti : System analyst, Programer , Operator.

Merakit Komputer
Merakit komputer atau biasanya di sebut dengan komputer jangrik yang harganya relatif murah dan juga mempunyai kualitas yang baik, untuk memulai perakitan computer, yang perlu di persiapkan adalah komponen – komponen computer yaitu meliputi unit input, unit proses, dan unit output, untuk keperluan mengolah data, yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system.
Langkah – Langkah untuk merakit computer adalah sebagai berikut :
1. Siapkan motherboard
2. Pasang processor pada socket processor yang terletak pada motherboard
3. Pasang kipas (FAN)
4. Pasang RAM pada slot memori
5. Pasang motherboard kedalam cashing, pasang pengait yang terbuat dari plastic (pengait biasanya warna putih) yang terpasang pada motherboard pada lubang-lubang yang telah tersedia pada cashing atau pasang baut apabila menggunakan baut
6. Pasang kabel power yang ada pada power supply ketempat lubang konektor pada mother board, catatatan : Kabel yang berwarna hitam dari kedua konektor pada power supply harus terpasang secara berdekatan ( hitam dengan hitam) pada tempat yang tersedia pada motherboard
7. Pasang kabel data ke harddisk, Disk drive dan CD Rom, serta hubungkan ke port FDD IDE yang ada pada motherboard
8. Pasanglah kabel power dari power supply ke CD Rom, dan kabel data dari CD ROM ke port Secondary IDE connector
9. Pasang VGA Card pada slot VGA yang terletak pada motherboard dan pasang baut, lalu kencangkan dengan menggunakan obeng
10. Sambungkanlah kabel power, kabel monitor, kabel keyboard, kabel mouse dan kabel LAN CARD ke CPU di bagian belakang

CATATAN:
1. Setelah semua peripheral terpasang (dirakit), dan semua kabel sudah terpasang, Apabila computer belum bisa berjalan dengan maksimal, langkah selanjutnya berarti anda harus mengatur setup bios, intalasi vga, sound card dan instalasi software.
2. Cek kembali semua peripheral untuk memastikan bahwa semua pemasangan kabel dan komponen lainnya sudah terpasang dengan benar.

“Ibarat seseorang memiliki mobil, tentu harus bisa cara merawat dan memperbaikinya,” Ungkapan tersebut sangat tepat apabila ditunjukan bagi para pengguna computer yang ingin mengetahui cara membuat dan merakit computer agar komponen-komponen computer tetap terpelihara.Dalam melakukan perawatan computer harus dilakukan dengan cara tepat,sebab antara satu komponen dengan komponen lainnya mempunyai bentuk dan ukuran berbeda. Sehingga cara perawatannya pun berbeda. Adapun komponen yang perlu dirawat dalam computer antara lain Casing,floppy Disk,CD Rom,Hardisk,dan lain-lain.
Cara merawat atau membersihkan komponen PC adalah sebagai berikut :

1. Perawatan casing, casing di ibaratkan sebuah contoh bangunan atau tempat, meyimpan semua komponen atau peripheral untuk kebutuhan dan kelengkapan computer, alat-alat yang digunakan : kuas, kain, tissue,kemoceng dan vacuum cleaner.

2. Perawatan floppy disk drive, komponen computer yang dapat digunakan untuk membaca disket atau penggerak disket dan sebagai alat media penyimpan data,
Cara membersihkan sebuah disk drive sbb:
a. Bersihkan dengan menggunakan disk cleaner
b. Gunakan cotton buds yg diberi cairan.Dengan cara mengoles bagian dalam diskdrive secara perlahan.


3. Perawatan CD ROM, kegunaan CD ROM,CD R/W atau DVD bukan hanya untuk mendengarkan musik (multimedia) saja.juga dapa digunakan untuk keperluan menyimpan data,dan keperluan instalasi, CD ROM dapat dibedakan menurut kecepatannya, yaiut mulai dari 8x,16x,24x,40x,48x,52x,60x.Semakin tinggi kecepatannya,akan semakin mahal harga jualnya.
Cara membersihkan CD ROM/CDRW/DVD adalah sbb:
a. Hidupkan computer
b. Tuangkan Cairan Cleaner ke CD Cleaner
c. Masukan CD cleaner ke dalam CD drive
d. Tunggu beberapa saat , sampai proses cleaner selesai


4. Perawatan Harddisk, Harddisk merupakan device dari sebuah PC dan merupakan
komponen yang sangat penting dalam sebuah computer, karena harddisk sebagai alat media untuk menyimpan data.

Cara merawat harddisk sbb :
a. Gunakan, dengan melakukan, scandisk,defragmentasi atau melakukan dengan low level format
b. Untuk mengurangi panas digunakan kipas pendingin
c. Matikan computer dengan prosedur yang benar
d. hindari dari debu
e. lakukan pengecekan secara rutin


5. Perawatan VGA Card , VGA kepanjangannya adalah ( Video Grapic Array ) atau ( Video Grapic Adapter ) atau dapat disebut juga Display Adapter, yaitu sebuah peralatan atau komponen computer yang berfungsi untuk mengolah output grafik pada layer monitor.
Cara merawat VGA :
1. Bersihkan dari debu yang ada di board dan fan vga

2. Cek ada korosi atau gak dikaki2 board vganya, kalo ada bersihin pake penghapus pensil 2B atau kalo mau lebih bersih lagi coba pake pasta KIT yg biasa buat mengkilapin kendaraan. habis itu jgn lupa dikeringin pake hairdryer.
3. cek thermal grease yang ada diantara chipset vga dan heatsink, kalo udah kering, bersihin dan ganti dengan grease yg baru, banyak dijual di toko compy atau di toko alat2 elektronik. namanya pasta IC.
4. cara paling mudah untuk ngebersihin yaitu, cuci pake thinner dan kuas sampe bersih. lalu keringkan dengan hair dryer. sampe benar2 kering. cara ini juga berlaku buat mainboard dan ram.
5. dan jangan lupa cek fan VGA, masih normal ato gak? kalo mau bagusnya, ganti dengan fan yang berRPM tinggi, biar lebih dingin. fan banyak dijual di toko2 elektronik, gak ada salahnya sedikit berimprovisasi demi keawetan barang

6. Perawatan Memori, RAM ( Random Acces Memory) adalah memori ekternal dan komponen primer yang merupakan ruang untuk menyimpan program atau data yang dapat ditulis atau dibaca oleh prosessor pada sebuah computer,
Cara merawat RAM :
Siapkan penghapus kertas dan kuas..
Jangan lupa cabut kabel power dari STEKER,
Pertama cabut RAM (DDR/SDR) di PC anda, Selanjutnya bersihkan benkRAM/tempat melekatnya RAM(memori) anda dengan kuas, untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, siapkan penghapus pensil, gosok bagian tembaga yang berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada MOTHERBOARD sampai benar-benar tidak ada kotoran atau ada bekas karat. Setelah selesai tempelkan kembali RAM ke PC, lalu hidupkan PC anda.


7.Perawatan Power Supply, berfungsi mngubah arus AC menjadi arus DC untuk didistribusikan keberbagai macam komponen pada computer.
Cara merawat power supply :
1 .Gunakanlah stabilizer, untuk menahan saat tegangan listrik mati, arus kuat (listrik) yang datang tiba-tiba dating, hal-hal semacam ini dapat dihindari dengan menggunakan stabilizier. Sebab fungsi dasar sebuah stabilizer adalah menahan shock electricit.

2. Menggunakan perangkat tambahan pada komputer yang menguras pasokan sumber listrik. Maksudnya adalah, memberikan beban baru terhadap tegangan listrik yang harus dihadirkan pada mesin komputasi.
3. Membersihkan debu atau kotoran yang masuk kedalam casing power supply.Debu-debu yang terkumpul dapat menghambat sirkulasi tegangan listrik dan udara. Gunakanlah sikat halus (alat pembersih) untuk membersihkan debu-debu tersebut. Karena, bagaimana pun juga komponen-komponen yang ada dalam mainboard komputer mempunyai sifat yang sangat sensitif.

8. Perawatan CPU/Processor, biasanya dikenal dengan chip atau microprocessor, dan CPU merupakan otaak dari computer kecepatan computer tergantung dari kecepatannya.
Cara Merawat CPU :
a. Perhatikan letak dari FAN, pasang pada posisi yang benar agar udara dapat berputar dengan lancar
b. Usahakan FAN processor dengan putaran yang lebih tinggi, misal : 5400 rpm atau diatasnya
c. Usahakan heatsink menggunakan penghantar yang terbuat dari tembaga atau almunium
d. Usahakan sebelum dipasang,oleskansilicon grease di bagian belakang processor agar penghantar panas lebih lancar


9. Perawatan Mother Board, Merupakan induk dari semua komponen computer seperti : processor,VGA Card,Modem,Sound card,Lan Card,FDD,Kabel IDE dan sbb yang digunakan untuk menghubungkan antara komponen satu dengan yang lain saling berhubungan.
Cara Merawat Mother Board :
1. Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
2. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
3. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
4. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
5. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).


10. Perawatan Printer, Alat yang digunakan untuk menghasilkan cetakan berupa tulisan (teks) , gambar melalui kertas ataupun cetakan film
Cara merawat printer :
a. Bersihkan bagian luar printer dari debu atau kotoran dengan menggunakan kain kering,tisu,cairan pembersih,air dan sebagainya
b. Hindari printer dari sinar matahari langsung, dan hindari printer dari tempat yang tidak tetap suhu kelembabannya
c. Jangan mengocok cadridge tinta, dapat menyebabkan kebocoran tinta pada cadridge
d. Jangan menyentuh IC chip pada catridge, karena dapat menyebabkan kerusakan pada catridge
e. Jangan memasukan benda asing kedalam printer
f. Jangan kena tumpahan cairan kedalam printer
g. Letakkan printer pada tempat yang datarserta ventilasi yang cukup
h. Jangan mematikan printer apabila proses pengisian tinta sedang berlangsung.


semoga bermanfaat bagi anda yang membaca’
Sesungguhnya membaca adalah suatu hal yang membosankan,tapi dibalik itu mempunyai manfaat besar bagi anda . Terapkan budaya membaca sejak dini.
SUKSES